Tipe Saat Mengajar Online Agar Diperhatikan!

Tipe Tutor Saat Mengajar Online Agar Diperhatikan!

person holding pencil near laptop computer

Pandemi membuat kebiasaan sehari-hari menjadi berubah. Sejak virtual meeting dan virtual learning menjadi hal yang wajar karena pembatasan aktivitas akibat pandemi, sekarang muncul banyak bimbel yang mengajar online. 

Pastinya ada perbedaan cara dan pembawaan saat sedang mengajar secara online dan offline. Dari yang tadinya bisa berinteraksi secara langsung dengan audiens, bisa melihat audiens menjadi terbatas.

Nah, pada kali ini kita akan membahas tentang tips dan trik saat mengajar online agar diperhatikan oleh audiens.

Membuat perencanaan mengajar yang matang

Untuk meminimalisir hambatan yang mungkin muncul, tutor wajib membuat rencana pelaksanaan pembelajaran secara detail. Mulai dari memilah materi, menyusun langkah-langkah pembelajaran, bagaimana mengevaluasi hasil belajar, hingga aplikasi apa yang akan digunakan.

Hal ini bisa meminimalisir hambatan seperti murid yang kurang memahami materi, murid yang bosan saat pelajaran, dan sebagainya.

Menciptakan kelas yang kreatif dan interaktif

Murid bisa dengan mudah mudah bosan jika hanya mendengarkan guru mengajar terus menerus secara online karena media yang digunakan. Tidak jarang mereka akan mematikan kamera dan meninggalkan kelas begitu saja.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu sebagai tutor bisa membuat kegiatan ice breaking yang melibatkan siswa sehingga siswa menjadi bersemangat. Selain ice breaking, bisa juga membuat educational games untuk menunjang pembelajaran supaya tidak monoton. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat siswa terlibat dalam pembelajaran, misalnya dengan menyanyi, menari, membuat yel-yel, dan sebagainya.

Baca juga: Sering Merasa Bosan dan Malas Belajar? Ini Cara Menguranginya!

Jaga komunikasi

Komunikasi yang intens antara guru, siswa, dan orang tua sangat penting saat mengajar online. Manfaatkan media komunikasi melalui sosial media ataupun melalui group-group Whatsapp.

Saat mengajar lewat zoom atau mengajar di google meet, tutor juga wajib membangun komunikasi yang baik. Usahakan tidak ada satu orang siswa pun yang merasa diabaikan terutama jika mengajar di sekolah dasar. Gunakan intonasi yang bervariasi. Mainkan ekspresi dan mimik muka. Buatlah siswa merasa tidak sedang melihat kepala yang berbicara.

Jaga kontak mata

Saat mengajar melalui zoom atau mengajar di Google Meet, kontak mata tetap harus dijaga. Meskipun mengajar online, tutor tetap menjadi pusat perhatian siswa. Usahakan selalu fokus saat mengajar dan tidak melakukan hal lain seperti menjawab pesan atau kegiatan lain di luar pembelajaran.

Tatap kamera smartphone atau komputer beberapa saat. Jangan terus menerus menatap monitor karena dari sudut pandang siswa guru tampak selalu menunduk. Atur ketinggian kamera supaya tidak terlalu rendah atau tinggi. Pastikan siswa dapat melihat dan berinteraksi dengan guru secara seksama.

Manfaatkan teknologi

person using MacBook Pro

Salah satu tips mengajar online yang asyik adalah memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang dengan pesat. Siswa menjadi sangat familiar dengan teknologi.

Beberapa contoh teknologi yang dapat mendukung pembelajaran online adalah aplikasi-aplikasi mengajar online seperti learning management system (LMS), aplikasi telekonferensi , games interaktif, dan juga tes atau quiz yang juga interaktif. Luangkan waktu untuk mempelajari berbagai aplikasi mengajar online tersebut, kemudian tentukan mana yang paling cocok diaplikasikan di kelas.


Nah, itu dia informasi mengenai tips saat mengajar online. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Cara Sukses Jadi Tutor Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.