Cara Sukses Jadi Tutor Online

Cara Sukses Jadi Tutor Online

black flat screen tv turned on near green plant

Pandemi membuat kebiasaan sehari-hari menjadi berubah. Hampir semua kegiatan dilakukan secara online, termasuk dalam hal mengajar dan mengadakan seminar. Jika kamu adalah seorang yang menjadi instruktur atau guru tutor privat online, berikut tips yang bisa dilakukan untuk menjadi tutor online yang handal.

Matangkan materi yang akan disampaikan

Buatlah materi yang sederhana dan mudah dicerna. Tidak semua hal perlu dicantumkan dan disampaikan dalam presentasi karena waktu yang terbatas dan rentang waktu perhatian dari audiens. Kamu bisa membagi mana yang perlu ditulis dan mana yang lebih baik dijelaskan langsung secara verbal. Untuk membuat presentasi yang menarik, sudah banyak tips dan trik yang ada di internet.

 

Pahami fitur platform yang dipakai

Penting banget nih untuk kamu paham penggunaan fitur platform atau media yang dipakai. Umumnya, untuk webinar berskala besar menggunakan zoom, sedangkan google meet bisa digunakan untuk diskusi bersama teman-teman atau keperluan mengajar.

Pelajari dulu sebelum hari H agar kamu lebih percaya diri ketika hari H. Tentukan juga fitur apa saja yang ada dan perlu digunakan untuk mendukung penyampaian materi. Misalnya, fitur share screen, chat, Q&A, sampai pengaktifan audio.

 

Siapkan alat elektronik cadangan

Pada hari-H, bisa saja ada gangguan tidak terduga yang dapat terjadi. Misalnya, baterai yang mati, internet tidak stabil, dan sebagainya.

Menyiapkan alat elektronik utama dalam keadaan full baterai adalah hal yang baik, tapi kamu juga harus sedia alat elektronik cadangan untuk kondisi tak terduga. Bisa laptop/handphone, lebih baik jika alat cadangannya terhubung dengan koneksi internet lain. Ketika alat utama bermasalah, kamu bisa dengan cepat log in di alat cadangan.

Baca juga: Ketahui Alasan Malas Belajar dan Cara Menghindarinya!

Pilih lokasi yang nyaman dan kondusif

Cari lokasi dengan latar belakang yang tidak terlalu ramai, atau gunakan virtual background yang sesuai dengan tema event. Untuk kelancaran mengajar, hindari lokasi yang berisik dan banyak lalu lalang orang. Jika kamu online dari rumah, pastikan orang rumah tahu kalau kamu sedang jadi pembicara online agar bebas dari gangguan.

 

Kontrol ekspresi, intonasi, dan gerak tubuh

Kadang berada di depan layar bikin kamu lupa kalau kamu sedang presentasi di depan banyak orang. Bayangkan di depan kamu ada puluhan bahkan ratusan orang yang menonton. Penting untuk kamu mengatur ekspresi, intonasi, dan gerak tubuh. Mulai dari atur ekspresi agar terlihat antusias, jaga posisi duduk agar tegak, tatapan mata pada kamera bukan layar, sampai bicara jelas dengan tempo sedang.

 

Perbanyak latihan

Latihan, latihan, dan latihan. Selain latihan bicara agar lancar ketika menyampaikan materi. Kamu juga perlu melakukan uji coba maksimal H-1. Hal yang perlu kamu perhatikan ketika uji coba antara lain perangkat, koneksi, posisi duduk, tampilan presentasi, dan kalau perlu sampai ke koordinasi dengan moderator agar alur event enak untuk dinikmati pengunjung.

 

Pastinya ada perbedaan cara dan pembawaan saat sedang menjadi online dan offline. Dari yang tadinya bisa berinteraksi secara langsung dengan audiens, bisa melihat audiens menjadi terbatas. Tips-tips di atas bisa dilakukan untuk membantu menjadi tutor online yang handal, tanpa memandang media yang digunakan.


Nah, itu dia informasi mengenai tips menjadi instruktur online yang handal. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Materi Yang Sering Diuji Dalam UTBK, Wajib Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.