Ketahui Alasan Malas Belajar dan Cara Menghindarinya!

Siswa malas belajar karena beberapa alasan
Merasa suntuk akibat tidak fokus dan malas belajar

Terkadang, rasa malas belajar menghampiri murid pada saat bersekolah. Terlebih, di saat-saat pandemi seperti ini. Perubahan sistem belajar menjadi daring, tidak bisa bertemu teman, dan banyak distraksi saat sekolah online dapat membuat rasa malas belajar semakin tinggi. Sebenarnya, apa saja alasan malas belajar? Bagaimana cara menghindarinya?

Tetapi, kamu tetap harus belajar agar kamu bisa lulus dan mencapai cita-citamu. Ketika rasa malas sudah mulai menghampirimu, ada baiknya kamu langsung bangkit dan mengusir rasa malas itu. Nah, apa saja, sih yang dapat menyebabkan rasa malas belajar?

Berikut kami sebutkan beberapa alasan yang dapat membuatmu menjadi malas untuk belajar:

Gaya Belajar yang Tidak Sesuai

Nah, alasan malas belajar ini dapat berhubungan langsung dengan gaya belajarmu. Dengan beralihnya proses pembelajaran menjadi daring, kamu yang sudah terbiasa belajar secara langsung pun harus beradaptasi dengan sistem dan gaya belajar yang baru.

Jika terus menerus menyalahkan keadaan, kamu bisa terjebak dari rasa malas selamanya, lho! Ada baiknya kamu mengenal diri sendiri dengan mengetahui gaya belajar seperti apa yang cocok untukmu. Secara umum ada 4 gaya belajar, diantaranya:

  1. Gaya belajar visual. Berarti kamu lebih mudah untuk mengerti pelajaran dengan penglihatan, seperti menggunakan gambar, ilustrasi, diagram, video, dan sebagainya.
  2. Gaya belajar auditori. Kamu lebih mudah menangkap informasi melalui suara. Misalnya, kamu bisa dengan cepat mengingat pelajaran dari guru yang sedang berbicara dan menjelaskan
  3. Gaya belajar membaca dan menulis. Kamu mudah memahami materi pelajaran dalam bentuk tulisan dan ditandai dengan kesukaanmu untuk mencatat di buku cetak ataupun catatan dan dihias semenarik mungkin.
  4. Gaya belajar kinestetik. Kamu cepat menyerap informasi saat dilakukan atau dipadukan dengan hal-hal praktis. Gaya belajar kinestetik membuatmu lebih senang belajar dengan langsung mempraktekkan materi pelajarannya.

Nah, dengan mengetahui gaya belajarmu, kamu bisa mulai belajar dengan efektif dan terhindar dari rasa malas.

Gangguan Dari Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitar kamu belajar sangat menentukan fokusmu saat belajar. Jika banyak distraksi atau gangguan saat kamu sedang belajar, pasti kamu akan menjadi malas untuk melanjutkan proses belajar. Maka dari itu, kamu perlu menciptakan lingkungan yang nyaman, terlebih pada saat belajar secara daring di rumah.

Kamu bisa meminta orang rumahmu untuk tenang selama jam pelajaran, agar kamu bisa fokus. Selain itu, singkirkan hal-hal yang dapat membuatmu kehilangan fokus. Kamu bisa mematikan handphone mu pada saat jam pelajaran. Jika kamu bisa belajar sambil mendengarkan lagu, kamu bisa coba mendegar lagu-lagu yang cocok untuk menemani belajar. Jika kamu sudah memulai kembali sekolah tatap muka, pastinya hal ini tidak akan berpengaruh besar, karena lingkungan dan fasilitas sekolah memang dikhususkan agar murid-murid dapat belajar dengan tenang, sehingga terhindar dari rasa malas saat belajar.

Malas Belajar Akibat Kurang Tidur

tidur yang cukup untuk rajin belajar
Tidur yang cukup untuk bisa fokus dalam belajar

Kurang tidur dapat menjadi alasan utama kamu tidak fokus pada kegiatanmu, salah satunya belajar. Jika sudah tidak fokus, kamu pasti akan mudah merasa malas dan tidak melanjutkan proses belajarmu. Maka dari itu, tidur dan istirahat yang cukup sangat diperlukan untukmu.

Mulailah untuk tidur dan bangun pagi secara teratur. Terlalu banyak tidur juga dapat membuatmu lemas dan malas belajar.


Nah, itu dia beberapa pemahaman mengenai alasan malas belajar dan beberapa cara untuk menghindarinya. Agar proses pembelajaran semakin efektif, mari belajar bersama Latis Education. Disini, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan guru les dan tutor privat yang mengasyikan, metode pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang dikemas dengan seru. Cari tahu lebih lengkap mengenai Latis Education disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.