Tips Memilih Jurusan SNMPTN, Jangan Sampai Salah!

Tips Memilih Jurusan SNMPTN, Jangan Sampai Salah!

person holding ballpoint pen writing on notebook

SNMPTN yang merupakan tahap seleksi awal dari masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah mulai dilaksanakan. Peserta yang merupakan siswa eligible dari tiap-tiap sekolah sudah dapat mendaftarkan dirinya pada akun LTMPT. Ketahui tips memilih jurusan SNMPTN di sini.

Setelah mendaftarkan akun mereka, para siswa dapat memilih jurusan untuk kemudian diseleksi berdasarkan nilai mereka selama semester 1-5. Setelah diseleksi dan dinyatakan lulus, maka pilihan tersebut harus diambil oleh para siswa. Maka dari itu, dalam memilih jurusan dan kampus SNMPTN, jangan sampai kamu asal memilih, ya! Gunakan kesempatan ini agar kamu bisa masuk ke tempat  yang kamu inginkan.

Syarat memilih program studi SNMPTN

Dilansir dari laman LTMPT, syarat dalam memilih program studi saat SNMPTN adalah:

  1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN
  2. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. 
  3. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju)

Dari penjelasan ini, kamu berarti dapat memilih hingga dua program studi yang berbeda atau sejenis di PTN yang berbeda. Maka, kamu perlu memaksimalkan strategi kamu dalam memilih PTN atau program studi.

Tips memilih jurusan SNMPTN

Setelah kamu mengetahui ketentuannya, kamu dapat membuat strategi dalam memilih jurusan agar bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Berikut beberapa tips dalam memilih jurusan SNMPTN.

Pilih jurusan yang disukai

Ketahui mata pelajaran apa yang kamu kuasai dan pilih jurusan program studi yang ada kaitannya dengan mata pelajaran tersebut. Dari situ, kamu bisa memaksimalkan peluang untuk masuk jurusan yang sejenis karena nilai kamu pun cukup tinggi di bidang tersebut.

Ketahui juga seluk beluk dari jurusan tersebut, pastikan kamu mengerti dan menyukainya.

Memilih kampus tujuan yang kamu inginkan

Jangan hanya melihat suatu kampus dari popularitas atau namanya saja. Pastikan juga kampus tersebut masih dekat dengan tempatmu dan memungkinkan untuk kamu raih.

Baca juga: Strategi Belajar UTBK Yang Bisa Kamu Terapkan

Pertimbangkan daya tampung dan ketatnya persaingan

Strategi ini dapat kamu terapkan untuk menentukan urutan jurusan kuliah pertama dan kedua di SNMPTN. Sebaiknya tempatkan jurusan yang punya keketatan persaingan tinggi atau daya tampung sedikit pada urutan pertama. Namun, tetap pastikan jurusan tersebut sangat kamu minati, ya.

Sementara pada pilihan kedua, cari jurusan yang tingkat persaingan dan nilai masuknya lebih longgar daripada jurusan pertama. Pertimbangan ini bertujuan memaksimalkan peluang diterima pilihan kedua apabila kamu gagal di jurusan pertama.

Cari info tentang jurusan dan kampus yang dituju

photo of bulb artwork

Tips yang terakhir adalah dengan tidak memasukkan jurusan dan kampus dengan asal. Cari tahu lebih dalam lagi tentang jurusan tersebut, misalnya apa saja yang akan kamu pelajari, bagaimana prospek kerja kedepannya, dan sebagainya.

Cari tahu juga tentang kampus yang kamu tuju. Berapa nilai rata-rata minimal agar kamu bisa diterima di tempat tersebut. Cari tahu juga tentang lingkungan dari kampus tersebut. Pastikan kamu berada di lingkungan yang mendukung untuk proses belajarmu.

 

Nah, itu dia informasi mengenai tips memilih jurusan saat mendaftar SNMPTN. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Timeline Penting SNMPTN, Cek di Sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.