Ini Akibatnya Kalau Kamu Jadi Siswa yang Malas Belajar!

Malas belajar jadi salah satu masalah besar bagi para pelajar. Banyak faktor yang bisa menyebabkan siswa menjadi malas belajar. Jangan berlarut-larut dan anggap remeh malas belajar karena banyak akibat yang merugikan, lho.

Nah, ini beberapa akibat jika kamu menjadi siswa yang malas belajar:

Kesulitan Mengikuti Materi

Hal paling utama jika kamu menjadi siswa yang malas belajar ialah kesulitan untuk mengikuti materi pelajaran. Jika kamu memang sulit mengerti suatu materi saat jam pelajaran sekolah, ada baiknya kamu langsung bertanya pada gurumu. Kamu dapat meminta gurumu untuk mengulang materi agar kamu dapat mengerti dan tidak perlu kesulitan saat sedang mengulang materi tersebut saat diluar jam belajar.

Malas Belajar Berisiko Tidak Naik Kelas

Jika sudah kesulitan memahami pelajaran terus menerus, hal terburuk yang bisa terjadi ialah risiko tidak naik kelas. Jangan sampai kamu mengalami hal ini, karena akan merugikan kamu di masa depan. Kamu akan tertinggal dari teman-temanmu, harus mengulang materi yang sama, dan memperlambat waktu studimu. Maka, ada baiknya kamu belajar dengan sungguh-sungguh, ya.

Sering Mencontek Akibat Malas Belajar

Akibat dari malas belajar dan tidak mengerti pelajaran adalah perilaku mencontek saat ujian. Hal ini dikarenakan kamu tidak memahami materi yang sedang diuji. Mencontek sering kali dijadikan jalan pintas dalam ujian, tetapi hal ini sangat tidak dianjurkan.  Mencontek merupakan hal yang tidak terpuji, dilarang oleh pihak sekolah, dan dapat menimbulkan mental negatif dalam diri kamu sejak dini.

Tidak Percaya Diri Akibat Malas Belajar

Jika kamu malas belajar, maka ada risiko tidak naik kelas. Hal ini dapat membuatmu menjadi tidak percaya diri di depan teman-temanmu. Tidak hanya itu, jika ada guru yang bertanya kepadamu tentang suatu materi dan kamu tidak bisa menjawabnya, kamu pun juga akan merasa malu dan tidak percaya diri dalam menjawabnya. Hal ini bisa berdampak pada kemampuan sosialmu dan kamu akan kesulitan bergaul dan memiliki teman. Maka, cobalah untuk percaya diri dari mulai belajar.

Malas Belajar Akan Berwawasan Sempit

Siswa yang malas belajar tentunya akan memiliki wawasan yang sempit, entah itu pengetahuan mengenai akademis maupun non akademis. Hal ini dapat mempengaruhi masa depan kamu, lho. Jika kamu memiliki wawasan yang luas, kamu dapat melatih kemampuan berpikir, menyelesaikan masalah, mengikuti perkembangan terkini, hingga mudah bergaul dan punya banyak network yang akan bisa membantu kariermu kedepannya.

Wawasan umum juga perlu kamu pelajari agar kamu bisa bergaul dengan siapa pun.

Tidak Memiliki Teman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, siswa yang malas belajar bisa kesulitan mendapatkan teman. Hal ini bisa terjadi pada saat ada kegiatan kerja kelompok di kelas. Jika kamu malas belajar dan memiliki nilai yang jelek, kamu pasti akan kesulitan mendapatkan teman saat ada pembagian kelompok. Hal ini dapat berdampak buruk bagimu.

Sulit Masuk Sekolah Impian

Pastinya kamu memiliki sekolah impian yang ingin kamu tuju, misalnya kamu ingin jika besar nanti berkuliah di Universitas Indonesia. Nah, untuk masuk UI, kamu pastinya perlu memiliki nilai yang bagus dan prestasi di sekolah yang membanggakan. Jika kamu ada riwayat pernah tinggal kelas, maka kesempatan untuk masuk sekolah favoritmu akan pudar. Maka, rajin-rajinlah belajar saat kamu masih memiliki kesempatan, ya!


Nah, itu dia beberapa tips agar kamu terhindar dari rasa malas dan bisa semakin rajin belajar. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *