4 Faktor Penyebab Gagal UTBK!

Bagi pelajar tingkat akhir SMA, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SNMPTN, SBMPTN, UTBK, dan lainnya. SNMPTN merupakan tahapan masuk perguruan tinggi yang dilihat berdasarkan nilai raport. Jika kamu gagal di SNMPTN, masih ada kesempatan untuk mengikuti UTBK-SBMPTN. Yuk, kenali beberapa faktor penyebab gagal UTBK agar kamu bisa masuk perguruan tinggi lewat jalur UTBK!

Faktor penyebab gagal UTBK
Faktor-faktor penyebab gagal UTBK

Sebelum mengetahui faktor penyebab gagal UTBK, kamu perlu tahu dulu apa itu UTBK.

UTBK, atau Ujian Tulis Berbasis Komputer merupakan tes yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Ujian ini baru diselenggarakan pada tahun 2019, menggantikan jenis ujian sebelumnya yang menggunakan metode tertulis.

UTBK bertujuan untuk menguji kemampuan calon mahasiswa melalui tes yang diselenggarakan serentak dengan sarana yang disediakan oleh negara. Nilai UTBK dapat kamu gunakan untuk seleksi SBMPTN, seleksi mandiri PTN maupun PTS. Materi yang di tes pada UTBK umumnya berupa tes potensi skolastik (TPS) untuk mengukur kemampuan kognitif siswa.

Nah, berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kamu gagal dalam UTBK:

Datang UTBK Terlambat

Waktu menjadi faktor yang sangat krusial dalam UTBK. Peraturan UTBK mewajibkan peserta untuk datang 30 menit sebelum ujian. Kamu bisa saja dapat lokasi ujian yang jauh dari rumahmu. Maka dari itu, ada baiknya untuk memperkirakan waktu tempuh dan berangkat lebih cepat agar kamu tidak terlambat.

Tidak Membawa Persyaratan Lengkap

Baca lagi apa saja persyaratan yang harus kamu bawa, seperti kartu tanda pengenal, kartu ujian, dan tidak lupa pula perlengkapan untuk menulis. Di masa pandemi seperti ini, mungkin saja ada syarat tambahan seperti kartu vaksin dan hasil rapid test yang menunjukkan kamu negatif. Jika persyaratan tidak lengkap, kamu tidak boleh masuk ke dalam lokasi ujian. Perhatikan juga pakaianmu agar sesuai dengan ketentuan. Maka, periksa dengan teliti sebelum kamu meninggalkan rumah, ya!

Tidak Memahami Materi

Proses belajar menghadapi UTBK
Belajar UTBK

Hal yang sangat menentukan adalah pemahaman kamu terhadap materi yang diuji. Penting untuk mencari tahu lebih dalam mengenai materi dan sistem ujian yang akan diujikan nanti. Pahami pola soal dari tahun-tahun sebelumnya, cari tahu durasi ujian, sistem penilaian, serta jangan sungkan bertanya pada kakak kelas mengenai pengalamannya saat UTBK tahun lalu, hal tersebut bisa membantu kamu menyusun strategi terbaik agar berhasil lulus pada UTBK nanti.

Dengan banyak latihan dan belajar, tentunya kamu pasti akan bisa mengenal kemampuan diri sendiri dengan lebih baik.

Asal Dalam Memilih Jurusan

Persaingan dalam mendapatkan perguruan tinggi sangat ketat. Untuk itu, jangan sampai kamu asal memilih jurusan dan perguruan tinggi. Perhatikan kuota penerimaan dan jumlah peminat agar kamu mampu memprediksi hasil yang akan kamu dapatkan. Bacalah hasil latihan kamu dan cocokkan dengan jurusan yang kamu inginkan. Kamu harus pandai membaca peluang agar bisa masuk ke sekolah impianmu.

Agar kamu bisa masuk ke perguruan tinggi impianmu, ada baiknya mempersiapkan diri dengan matang sebelum menghadapi UTBK. Ingatlah bahwa kamu memiliki banyak saingan dengan daya tampung perguruan tinggi yang rendah.


Nah, itu dia beberapa pemahaman mengenai faktor-faktor yang bisa menyebabkanmu gagal dalam UTBK. Agar proses pembelajaran semakin efektif, mari belajar bersama Latis Education. Disini, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan guru les dan tutor privat yang mengasyikan, metode pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang dikemas dengan seru. Cari tahu lebih lengkap mengenai Latis Education disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *