Materi Yang Sering Diuji Dalam UTBK, Wajib Tahu!

Materi Yang Sering Diuji Dalam UTBK, Wajib Tahu!

man in brown sweater sitting on chair

LTMPT telah mengeluarkan informasi resmi mengenai UTBK-SBMPTN yang akan dilakukan pada tahun 2022 ini. Berikut beberapa informasi mengenai materi UTBK -SBMPTN yang perlu kamu ketahui untuk dijadikan bahan pembelajaran.

Kelompok Ujian UTBK SBMPTN

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) sebagai berikut.

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi 195 menit.
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).  Alokasi 195 menit.
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum.  Alokasi 285 menit.

Materi UTBK-SBMPTN

  • Tes Potensi Skolastik (TPA)
    • TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.
  • Tes Kemampuan Bahasa Inggris
    • Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi.
  • Tes Kemampuan Akademik (TKA)
    • Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Informasi materi SBMPTN 

Tes Potensi Skolastik

Pada Tes Potensi Skolastik (TPS), dibagi menjadi empat subtes, yaitu Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pemahaman Bacaan dan Menulis. TPS diujikan untuk mengukur kemampuan kognitifmu dan penalaran dalam memahami suatu hal.

Beberapa materi yang termasuk dalam TPS, diantaranya adalah:

  • Penalaran Umum (PU): materi yang sering muncul dalam UTBK yaitu simpulan paragraf, materi pemahaman visual, materi pernyataan benar atau salah dari sebuah paragraf, dan penalaran logis berjumlah 2 soal.
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM): materi yang sering muncul, diantaranya antara lain simpulan, penulisan kata/frasa, imbuhan, penulisan judul, kelogisan kalimat, penggabungan kalimat, kalimat yang tidak diperlukan, gagasan pokok, dan materi seperti kalimat efektif, konjungsi, dan kelogisan kata rata-rata.
  • Pengetahuan Kuantitatif (PK): untuk materi ini berhubungan dengan perhitungan. Materi yang sering keluar, diantaranya adalah peluang, kaidah pencacahan, himpunan, persamaan garis, pola bilangan, persamaan kuadrat, fungsi, statistika, operasi bilangan, aritmetika, aljabar, serta garis dan sudut.
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU): materi PPU yang sering keluar, antara lain makna kata/frasa, kata rujukan, hubungan antarparagraf, sikap penulis, kalimat bermakna sama, bagian rumpang, dan antonim.
  • Bahasa Inggris

 Tes Kemampuan Akademik

Selain itu, tes selanjutnya adalah Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang dibagi berdasarkan jurusan SMA mu ataupun rumpun kuliah yang ingin kamu tuju.

  • TKA Saintek: Materi TKA Saintek terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Materi yang akan keluar umumnya berdasarkan materi pelajaran yang sudah kamu pelajari ketika SMA mulai dari materi dasar pada kelas 10 hingga ke materi yang lebih kompleks di kelas 12.
  • TKA Soshum: Sama seperti TKA Saintek, TKA Soshum juga mencakup materi pelajaran yang sudah kamu pelajari saat SMA kemarin. TKA Soshum umumnya mencakup pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.

Untuk materi TKA ini, ada baiknya kamu kembali mengingat, menghafal dan mempelajari materi-materi saat sekolah kemarin, ya!


Nah, itu dia informasi materi yang akan keluar dalam UTBK-SBMPTN.  Untuk bisa mempersiapkan UTBK dengan maksimal, salah satunya adalah dengan mengikuti bimbingan belajar. Kamu bisa belajar bersama Bimbel Latis. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Strategi Belajar UTBK Yang Bisa Kamu Terapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *