Sering Merasa Bosan dan Malas Belajar? Ini Cara Menguranginya!

Sebagai pelajar, kamu pasti sering mengalami bosan dan malas pada saat belajar. Meski hal itu wajar, tetapi ada baiknya untuk tidak terlalu larut dalam perasaan tersebut. Permasalahan ini bisa dialami karena beberapa hal, misalnya saat kamu mempelajari mata pelajaran yang tidak kamu sukai, mata pelajaran yang sulit untuk dipahami, atau banyak distraksi disekitarmu. Kamu harus mencari cara agar tidak malas dan bisa menjadi rajin belajar.

Padahal, belajar merupakan proses yang penting dan akan mempengaruhi masa depanmu. Maka dari itu, penting untuk menghilangkan rasa bosan dan malas ketika belajar.

Simak beberapa tips dan cara agar tidak mudah merasa bosan dan malas saat belajar, serta menjadi rajin belajar:

Ketahui Hal yang Kamu Suka

Agar proses belajar menjadi menyenangkan, ada baiknya kamu mengenal diri sendiri dan mengetahui apa yang kamu sukai. Misalnya, kamu menyukai bidang kreatif dan ingin menjadi seorang desain grafis di masa depan. Maka, kamu bisa mulai untuk mempelajari mata pelajaran seni dan menggambar.

Kamu bisa mengembangkan hal ini menjadi hobi yang bisa menghasilkan. Kamu bisa saja menjual hasil karya gambarmu dalam bentuk gambar untuk teman-teman dan lingkunganmu agar kamu bisa memiliki uang tambahan. Dari sini, kamu bisa terus mengembangkan keterampilanmu. Selain itu, mengetahui dan mengenal tipe atau gaya belajarmu juga dapat membantu. Dalam hal ini, kamu bisa mengetahui apakah kamu tipe orang yang lebih mudah belajar lewat tulisan, visual, atau latihan dengan praktik. Banyak tools yang bisa kamu coba untuk mengetahui gaya belajarmu.

Temukan Tempat yang Nyaman

belajar di kafe agar tidak belajar dan menjadi rajin belajar

Tempat yang nyaman untuk belajar dan bekerja dapat membantu kita menjadi lebih produktif. Kamu bisa menyesuaikan seleramu dengan mendekorasi tempat belajar yang kamu inginkan. Kamu juga bisa, lho, sesekali belajar dari luar seperti perpustakaan umum atau kedai kopi untuk membantu pikiranmu lebih jernih.

Baca juga : Ketahui Alasan Malas Belajar dan Cara Menghindarinya!

Tentukan Target

Target dalam belajar bisa berupa hasil akhir seperti nilai, atau target untuk memahami suatu hal dalam topik tertentu. Jika kamu ingin memiliki waktu belajar yang teratur agar tidak bosan dan malas, maka kamu perlu menentukan target. Jika kamu melakukan 2 hal atau lebih dalam waktu yang bersamaan, besar kemungkinan bahwa kamu tidak dapat fokus pada hal-hal tersebut, dan menyebabkan kamu malas dan bosan.

Kamu bisa coba menentukan targetmu dalam belajar. Misalnya, kamu ingin memahami materi tentang sel-sel tubuh manusia dalam waktu satu minggu. Maka, kamu berusaha untuk mempelajarinya dalam 3 hari selama 1 jam berturut-turut. Kamu pun harus tetap mengikuti jadwal target belajarmu dan fokus pada belajar pada satu waktu tersebut.

Mengambil Waktu Istirahat

Jika kamu terus memaksakan diri untuk belajar pada saat kamu sudah merasa bosan dan malas, maka hal itu akan terus sia-sia karena pelajaran yang kamu pelajari tidak akan masuk. Maka dari itu, ada baiknya kamu untuk mengambil waktu isitirahat sebentar untuk melepaskan lelah dan mengembalikan konsentrasi.

Kamu bisa mencoba teknik pomodoro, dimana kamu akan mengambil 5 menit isitirahat ketika sudah 25 menit belajar.

Tapi, jangan sampai kamu keterusan mengambil waktu isitirahat, ya!


Nah, itu dia beberapa tips untuk mengurangi rasa malas dan bosan pada saat belajar. Agar proses pembelajaran semakin efektif, mari belajar bersama Latis Education. Disini, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan guru les privat yang mengasyikan, metode pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang dikemas dengan seru. Cari tahu lebih lengkap mengenai Latis Education disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *