Siswa Eligible SNMPTN, Ketahui Hal Ini

Siswa Eligible SNMPTN, Ketahui Hal Ini

Setiap tahunnya saat pendaftaran SNMPTN sudah dibuka, pihak LTMPT akan memberikan kuota bagi masing-masing sekolah berdasarkan akreditasi sekolahnya. Dari sini, kemudian akan disaring lagi jumlah siswa yang dapat mengikuti SNMPTN atau biasa disebut dengan siswa eligible.

Lalu, apa itu siswa eligible dan apa saja kriterianya? Artikel ini akan membahas beberapa informasi mengenai siswa eligible untuk SNMPTN.

Kuota per sekolah dan siswa eligible

Berdasarkan ketentuan LTMPT, akreditasi sekolah akan menentukan banyaknya siswa yang dapat mengikuti SNMPTN. Bagi sekolah dengan akreditasi A, 40% dari jumlah siswa dapat mendaftar SNMPTN, akreditasi B sebanyak 25%, dan akreditasi C dan dibawahnya sebanyak 5% dari jumlah siswa.

Dari kuota yang telah ditentukan ini, pihak sekolah akan menentukan siswa yang dapat mengikuti SNMPTN. Dilansir dari suara.com, siswa eligible artinya adalah siswa yang memenuhi kriteria untuk mengikuti SNMPTN 2022.

Kriteria siswa eligible

Dari persyaratan diatas, maka kriteria yang ditetapkan untuk menjadi siswa eligible yaitu:

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2022 yang memiliki prestasi unggul.

  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

  3. NISN yang terdaftar di PDSS

  4. Memasukkan nilai rapor semester 1 hingga 5 di PDSS

Pihak sekolah bisa jadi akan mengumumkan siapa saja siswa yang termasuk ke dalam daftar kriteria ini. Pengumuman ini sudah mulai dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2022 lalu.

Baca juga: Timeline Penting SNMPTN, Cek di Sini

Cara melihat kuota

Selain mengetahui dari pihak sekolah, kamu juga bisa melihat apakah kamu termasuk ke dalam kategori melalui laman resmi LTMPT. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melihat kuota sekolahmu.

  1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id  menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.

  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.

  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari LTMPT, pastikan anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.

  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.

  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu-satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari portal LTMPT. Selain itu, anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan import data. Panduan lebih detil akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.

  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.

 

Nah, itu dia informasi mengenai menjadi siswa eligible yang dapat mengikuti SNMPTN. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan SNMPTN, Jangan Sampai Salah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.