Pentingnya Standar Guru Dalam Pendidikan

Pentingnya Standar Guru Dalam Pendidikan

Menjadi seorang guru merupakan pekerjaan yang mulia karena dianggap sebagai pilar pendidikan seseorang, mulai dari kecil hingga dewasa. Dari seorang anak yang belum bisa membaca, menghitung, dan sebagainya hingga menjadi orang-orang terdidik yang bisa memajukan bangsa, semua orang pastinya pernah diajar oleh seorang guru. Maka, standar guru perlu ditetapkan untuk kemajuan pendidikan.

Seorang guru tidak hanya berjasa bagi kemajuan pendidikan muridnya, melainkan juga kemajuan negara tersebut. Maka, kompetensi seorang guru perlu ditetapkan dan ditingkatkan seiring berjalannya perkembangan zaman.

Kompetensi Guru

Kompetensi guru pada dasarnya telah ditetapkan pada UU No. 14 Th. 2005 Pasal 8 terkait beberapa hal yang wajib dimiliki oleh guru dan juga dosen, yaitu:

  • Kualifikasi Akademik, minimal lulus jenjang pendidikan Sarjana atau Diploma 4.
  • Kompetensi, yang akan ditekankan lagi pada saat pendidikan profesi guru.
  • Sertifikat Pendidik, diberikan setelah melaksanakan sertifikasi guru dan dinyatakan sudah bisa memenuhi standar profesional.
  • Sehat Secara Jasmani dan Rohani.
  • Memiliki Kemampuan, untuk mendukung terwujudnya Tujuan Pendidikan Nasional.

Standar Kompetensi Guru

Melansir dari pintek.id, terdapat empat kompetensi guru yang harus dipenuhi yang didasarkan pada UU No. 14 tahun 2005 pasal 8. Keempat standar kompetensi guru tersebut, adalah:

1. Kompetensi pedagogik

Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik. Kompetensi ini bisa diperoleh melalui proses belajar masing-masing guru secara terus menerus dan tersistematis, baik sebelum menjadi guru maupun setelah menjadi guru.

2. Kompetensi kepribadian

Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru yaitu: supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, bertindak sesuai norma sosial & hukum, dll.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Motivasi Anak Hadapi Ujian Sekolah

3. Kompetensi profesional

Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.

Keterampilannya berkaitan dengan hal-hal yang cukup teknis, dan akan berkaitan langsung dengan kinerja guru seperti memahami dengan baik materi yang akan diajarkan, dan sebagainya.

4. Kompetensi sosial

Kompetensi Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

Dari keempat hal ini, penting bagi seorang guru untuk memperhatikan standar yang dibutuhkan dalam mengajar, agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar, murid pun dapat memahami dengan baik, dan adanya kemajuan dalam hal pendidikan


Nah, itu dia informasi mengenai pentingya standar yang ditetapkan untuk para guru dalam kualitas pendidikan. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *