5 Cara Ampuh Motivasi Anak Hadapi Ujian Sekolah

5 Cara Ampuh Motivasi Anak Hadapi Ujian Sekolah

two babies and woman sitting on sofa while holding baby and watching on tablet

Peran orang tua dalam pendidikan anak sangat krusial agar mereka bisa memiliki motivasi saat belajar. Terlebih saat anak akan menghadapi ujian sekolah.

Dalam masa sekolahnya, anak akan dihadapi berbagai macam ujian. Misalnya saja Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Sekolah (US).

Jika anak tidak memiliki motivasi, maka hal yang akan terjadi adalah anak kehilangan keinginan untuk belajar dan nilai yang diperolehnya pun tidak maksimal.

Maka dari itu, penting bagi Anda sebagai orang tua untuk memotivasi anak saat mereka akan menghadapi ujian sekolah. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam memotivasi anak:

1. Ajak diskusi anak

Sebelum anak bersiap diri menghadapi ujian, ada baiknya Anda mengajak anak Anda untuk berdiskusi mengenai kesulitan apa saja yang mereka hadapi, pelajaran apa yang mereka merasa kesulitan, dan sebagainya

Anda bisa bertanya juga mengenai fasilitas apa yang sekiranya mereka butuhkan untuk kemudian Anda sediakan. Tentunya fasilitas ini akan menunjang kegiatan belajar mereka.

2. Berkomunikasi dengan wali kelas

Jika Anda sudah mengetahui apa saja kesulitan anak dalam proses belajarnya, Anda bisa berdiskusi dengan wali kelas mereka untuk membahas langkah apa yang sebaiknya Anda ambil untuk membantu proses belajar anak saat di rumah.

Berkomunikasi dengan wali kelas juga bisa membantu Anda mengerti bagaimana sikap dan prestasi anak ketika di sekolah. Hal ini tentunya akan membuat Anda semakin mudah dalam memahami cara belajar anak Anda.

3. Mengetahui informasi terkini tentang sistem pembelajaran

peran orang tua dalam proses belajar anak

Kurikulum pendidikan dan sistem pembelajaran di sekolah cenderung berubah dengan cepat. Sebagai orang tua, ada baiknya Anda selalu up date dengan perubahan yang ada. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam memfasilitasi proses belajar anak ketika dirumah.

Anda dapat mengetahui update mengenai kurikulum dari berita, forum atau langsung bertanya kepada pihak sekolah agar diberikan penyuluhan bersama orang tua murid lainnya.

4. Memotivasi anak dengan cara yang tepat

Sebagian besar orang tua tidak tahu bagaimana cara memotivasi anak dengan benar. Mereka cenderung menuntut anak untuk mendapatkan nilai yang tinggi tanpa membantu proses pembelajarannya. Hal ini tentunya akan membuat anak merasa tertekan.

Maka dari itu, ada baiknya Anda memotivasi dan menuntun mereka, bukan menuntut mereka. Beri mereka respon positif pada setiap kemajuan dan apresiasi setiap pencapaian yang mereka raih. Hal ini akan membuat kepercayaan diri anak meningkat dan memotivasi diri sendiri.

5. Beri fasilitas yang memadai

Dalam proses belajarnya, anak-anak perlu mendapatkan fasilitas yang memadai. Hal ini dapat Anda lakukan mulai dari memberi mereka makan yang bergizi, memberi waktu istirahat yang cukup bagi anak, dan sebagainya. Jangan paksakan anak untuk selalu belajar karena dapat membuat mereka burnout

Maka dari itu, pastikan kondisi dan fasilitas di rumah sudah sesuai untuk proses pembelajaran mereka.


Nah, itu dia beberapa cara ampuh memotivasi anak untuk hadapi ujian sekolah. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Ini Akibatnya Kalau Kamu Jadi Siswa yang Malas Belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published.