Apa Saja Alasan Malas Belajar pada Siswa 

Apa saja sih alasan malas belajar pada seseorang sehingga menyebabkan dirinya tidak dapat mengerjakan tugas?

Malas adalah timbulnya rasa tidak mempunyai energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti belajar.

Apabila seseorang sedang mengalami rasa malas biasanya cenderung tidak nyaman untuk mengerjakan sesuatu bahkan tidak ingin memikirkan tentang tugas dan deadline.

Rasa malas belajar pada seseorang ini akan membuat seseorang mendapatkan nilai yang buruk dalam pelajaran maupun ujian.

Selain itu malas juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang karena selalu merasa dirinya tidak mampu untuk mengerjakan sesuatu.

Orang yang malas juga cenderung akan dipandang sebelah mata oleh orang lain sehingga mungkin tidak akan diberikan amanah atau tanggung jawab.

Padahal mendapatkan amanah dan tanggung jawab dapat meningkatkan kemampuan serta kualitas diri seseorang.

Alasan Malas Belajar

Seseorang yang malas cenderung menunda pekerjaan yang harus dilakukan dan lebih memilih bersantai seperti menonton film, menggunakan media sosial atau bermain game.

Namun rasa malas belajar ini jika tidak diatasi dengan segera akan menimbulkan kebiasaan buruk pada anak sehingga sulit untuk menghilangkannya.

Sehingga sangatlah penting untuk mengetahui apa saja timbulnya alasan malas belajar pada diri sendiri untuk dapat mengatasinya.

Berikut ini beberapa alasan malas belajar pada seseorang yang perlu diketahui:

  • Stres

Stres merupakan salah satu alasan malas untuk belajar yang paling sering ditemukan.

Stres akibat tubuh dan pikiran yang kelelahan mampu membuat seseorang kehilangan energi untuk melakukan aktivitas apapun.

Ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang tidur, kurang istirahat sehingga menyebabkan tubuh dan pikiran menjadi lelah serta stres.

Menghabiskan banyak waktu untuk bermain, mengobrol bersama teman dan berjalan-jalan juga dapat membuat seseorang mudah kelelahan saat beraktivitas.

Oleh karena itu sebaiknya menggunakan waktu sebaik mungkin untuk mengerjakan tugas dan belajar apabila sedang kelelahan.

Selain itu, sebaiknya jangan mengerjakan semua tugas sendirian tapi cobalah untuk dikerjakan secara berkelompok agar lebih terasa ringan.

  • Gangguan

Apabila saat belajar kamu melakukan aktivitas lain seperti membalas pesan, membuka media sosial dan bermain game.

Ini dapat menyebabkan konsentrasi belajar kamu terganggu sehingga tidak dapat fokus kembali belajar.

Terkadang orang tidak menyadari bahwa-bahwa melakukan hal-hal kecil saat sedang belajar dapat menjadi gangguan belajar dan menyebabkan seseorang malas.

Konsentrasi belajar yang sudah terganggu akan sulit untuk kembali fokus belajar.

Oleh karena itu sebaiknya sebelum belajar memastikan bahwa semua gangguan yang dapat merusak konsentrasi belajar dijauhkan atau dimatikan.

Gangguan seperti handphone, tv, internet, game dan masih banyak lagi.

  • Kurang Nutrisi

Menjalankan diet yang tidak sehat, makan makanan yang tidak bergizi dan tidak kaya nutrisi juga dapat membuat seseorang menjadi malas.

Tubuh membutuhkan sumber daya energi yang cukup untuk dapat berkonsentrasi saat belajar.

Sumber daya energi ini didapatkan dari konsumsi makanan yang bernutrisi seperti buah dan sayur.

Apabila seseorang kekurangan nutrisi dalam tubuhnya cenderung akan mudah merasa lelah bahkan jika mengerjakan tugas yang ringan sekalipun.

Selain itu akan butuh waktu yang lama bagi seseorang yang kekurangan nutrisi untuk mengembalikan energi yang hilang.

  • Tidak mendapatkan dukungan

Tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari lingkungan sekitar seperti orang tua maupun teman juga dapat membuat kamu merasa malas.

Kamu merasa tidak ada cukup dukungan dan motivasi untuk belajar sehingga menjadi malas.

Dukungan dari orang terkasih dalam pembelajaran sangat penting karena dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri.

Oleh sebab itu, dalam rangka meningkatkan minat belajar anak di rumah, maka perlunya guru les privat datang ke rumah. Hal ini dimaksudkan agar belajar bisa lebih maksimal dengan menyenangkan, karena bisa langsung tanya jawab tanpa ragu. Informasi mengenai Guru Les Private bisa akses disini : Info Guru Les Privat  

Leave a Reply

Your email address will not be published.