Orang Tua sebagai Motivator bagi Anak

Orang tua mempunyai banyak peran dalam hidup anak, menjadi pendidik, pendukung dan pemberi fasilitas selain itu, orang tua sebagai motivator.

Motivator adalah orang memberikan motivasi atau dukungan penuh kepada orang lainnya sehingga dirinya menjadi lebih bersemangat melakukan berbagai hal.

Motivasi merupakan upaya untuk meningkatkan semangat namun diarahkan pada suatu tujuan tertentu.

Terdapat dua jenis motivasi yaitu motivasi intrinsik yaitu yang berasal dari dalam diri anak dan motivasi ekstrinsik yang berasal dari luar diri anak.

Anak dengan motivasi belajar yang tinggi cenderung selalu berusaha untuk mendapatkan nilai yang tinggi, dan begitu juga dengan sebaliknya.

Orang Tua sebagai Motivator

Keluarga sangat berperan penting dalam perkembangan akademis maupun non-akademis anak.

Keluarga adalah salah satu motivasi ekstrinsik yang sangat berpengaruh pada peningkatan semangat belajar anak.

Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang mendapatkan dukungan penuh dari orang tua mendapatkan nilai yang lebih baik daripada tidak mendapatkan dukungan.

Terdapat banyak peran orang tua sebagai motivator yang dapat dilakukan untuk meningkatkan semangat anak.

Berikut ini beberapa peran orang tua sebagai motivator yang perlu diketahui:

  • Memberikan penghargaan

Peran orang tua sebagai motivator yang pertama adalah memberikan penghargaan kepada anak atas keberhasilan yang dicapainya.

Memberikan penghargaan jika anak berhasil mencapai sesuatu dapat membangun kepercayaan diri anak atas dirinya sendiri.

Sehingga anak merasa bangga akan pencapaiannya dan semakin ingin untuk mengembangkan dirinya sendiri.

Pencapaian yang dicapai tidak harus besar, jika anak berhasil mengerjakan tugas dengan baik juga dapat diberikan penghargaan.

Penghargaan ini bisa berupa hadiah, ajakan liburan atau wisata, atau bisa juga berupa kata-kata dan pelukan kepada anak.

  • Menyediakan sarana dan prasarana

Menyediakan sarana dan prasarana untuk belajar anak juga menjadi peran orang tua sebagai motivator.

Menyediakan sarana dan prasarana ini adalah menyediakan buku bahan bacaan, menyediakan tempat belajar di rumah sehingga anak dapat belajar dengan nyaman.

Buku yang dibutuhkan kurang lebih buku cetak dari sekolah, buku pelajaran yang bukan dari sekolah juga dapat menjadi buku bahan bacaan untuk anak.

Ini dapat membuat pengetahuan anak menjadi tidak terbatas hanya dari buku sekolah saja sehingga meningkatkan pengetahuan dan kemampuan belajar anak.

  • Membantu anak

Peran orang tua sebagai motivator selanjutnya adalah membantu anak apabila mengalami kesulitan.

Anak-anak belum mampu untuk mengatasi masalahnya sendiri, seperti kendala dalam mengerjakan pekerjaan rumah, mengatasi rasa bosan dalam belajar dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, orang tua memiliki peran untuk membantu anak sehingga dirinya tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi kesulitan dalam belajar.

Orang tua dapat menemaninya saat mengerjakan pekerjaan rumah dan mengecek jawaban tugas anak dan memberitahunya jika ada kesalahan.

  • Mendorong anak untuk mengembangkan kemampuan

Peran orang tua  selanjutnya adalah mendorong anak untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuannya.

Anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, seperti melukis, menyanyi, menari, memasak dan masih banyak lagi.

Orang tua dapat memberi motivasi kepada anak dengan mendorongnya melakukan kegiatan positif yang disukai sehingga kemampuannya akan semakin berkembang.

Motivasi dan dukungan dari orang tua ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak akan kemampuan yang dipunya.

Orang tua sebaiknya dapat membantu dan memberikan terhadap segala upaya yang dilakukan anak agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih baik lagi.

Orang tua sebaiknya tidak membiarkan anak berjuang sendirian, melainkan menemani anak agar dirinya menjadi lebih semangat lagi dalam belajar.

Selain itu, alangkah baiknya jika anak selain belajar di sekolah juga belajar di rumah bersama guru les privat karena dengan belajar bersama guru les privat akan lebih maksimal dari segi pemahaman materi dan tanya jawab soal – soal tanpa malu.

Tutor Indonesia hadir membantu anda dalam les privat di rumah. Tutor berpengalaman datang langsung ke rumah anda atau bisa juga online. Jika dilakukan secara tatap muka maka tutor sudah menerapkan protokol kesehatan ketat serta sudah divaksin. Informasi mengenai profil tutor bisa akses disini : Cari Guru Les Private

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.