3 Hal Ikonik Universitas Indonesia, Anak UI Wajib Tahu!

3 Hal Ikonik Universitas Indonesia, Anak UI Wajib Tahu!

Kalau kamu memiliki keinginan untuk masuk UI, baik itu jenjang vokasi, S1 atau yang lebih tinggi, pastinya kamu sudah tidak asing dengan “yellow jacket”, dong? Sebenarnya, apa saja sih lambang ikonik dari kampus terbaik di Indonesia ini? Yuk, kenalan sama 3 hal ikonik UI yang bisa bikin kamu bangga jadi anak UI!

Lambang Makara

hal ikonik ui

Sudah tidak asing dengan logo UI? Mungkin saja kamu menempel logo UI di dinding kamar, wallpaper HP atau lainnya. Pastinya kamu sudah sering melihat makara yang menjadi lambang di setiap sudut UI ini.

Lambang UI diciptakan pada tahun 1952 oleh Sumartono (menggunakan nama alias Sumaxtono), mahasiswa jurusan Seni Rupa di Fakulteit Teknik, Universitas Indonesia Bandung.

Secara keseluruhan, lambang UI menggambarkan Pohon Ilmu Pengetahuan yang tumbuh subur karena air yang mengalir terus-menerus dari bawahnya. Pohon berikut cabang dan kuncup melambangkan ilmu pengetahuan dengan cabang-cabang ilmu pengetahuannya, sementara kuncup suatu saat akan mekar dan menjadi cabang ilmu pengetahuan baru. Kuncup-kuncup itu akan senantiasa mekar selama pohon ilmu pengetahuan itu hidup. Dengan demikian, Sumaxtono ingin menyatakan bahwa cabang-cabang ilmu pengetahuan akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan zaman.

Makara yang mengalirkan air melambangkan hasil yang memancar ke segala penjuru. Makna yang diberikan Sumaxtono adalah Universitas Indonesia sebagai sumber ilmu pengetahuan, akan menghasilkan sarjana-sarjana yang cerdas, terampil, penuh ketakwaan, berbudi luhur, dan berkepribadian, serta bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah yang dihadapi masyarakat, dan mampu menyelesaikannya sesuai dengan kaidah-kaidah akademik, di mana pun mereka berada.

Nah, setiap fakultas memiliki warna makaranya masing-masing, lho!

Yellow Jacket

10 Hal yang Paling Bikin Kangen dari Universitas Indonesia | Rencanamu

“We are the yellow jacket” pastinya kamu sudah sering mendengar istilah ini. Yellow jacket merupakan Jaket almamater UI, dikenal juga sebagai Jakun, akronim dari jaket kuning. Disebut Jakun karena jaket ini memiliki warna dasar kuning terang dengan gambar lambang Universitas Indonesia (Makara) yang terpasang di dada sebelah kiri yang warnanya sesuai dengan warna panji fakultas masing-masing.

Jas UI berwarna dasar kuning almamater dengan bergambar lambang UI yang dibuat dengan benang bordir berwarna kuning dan ditempel di dada sebelah kiri. Kamu bisa menggunakan jaket kuning ini untuk acara-acara tertentu di kampus, salah satunya pada saat sidang tugas akhir.

Hymne

PSM UI Paragita Choir | Choral Events

Universitas Indonesia memiliki dua lagu yang berjudul Hymne Almamater dan Genderang Universitas Indonesia. Lagu-lagu ini biasa dinyanyikan pada acara-acara resmi universitas, penyambutan mahasiswa baru, dan wisuda. Lagu Hymne Almamater diciptakan oleh H.S. Mutahar dan syairnya menggambarkan tekad warga Universitas Indonesia untuk bersatu mengamalkan tridharma perguruan tinggi,melalui lirik yang berbunyi: mengabdi Tuhan, bangsa, dan negara. Sementara itu, lagu Genderang Universitas Indonesia menggambarkan semangat mahasiswa UI untuk menuntut ilmu dan berbakti.

Kamu wajib menghafal lagu ini karena akan sering dinyanyikan pada saat ada kegiatan resmi.


Nah, itu dia informasi mengenai 3 hal ikonik UI yang wajib kamu tahu.  Untuk bisa merasakan berkuliah di UI, kamu bisa belajar bersama Bimbel Latis. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Sejarah Universitas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.