7 Metode Mengajar yang Bisa Diterapkan oleh Guru

7 Metode Mengajar yang Bisa Diterapkan oleh Guru

woman standing in front of children

Artikel sebelumnya telah membahas tentang cara memilih metode belajar yang efektif. Sekarang, akan dibahas tentang metode mengajar yang dapat diterapkan. Dikutip dari berbagai sumber, ada 8 metode mengajar yang efektif dan biasa diterapkan oleh para guru saat mengajar.

Berikut informasi lengkapnya.

Metode Ceramah

Ceramah adalah salah satu metode mengajar yang paling umum dan konvensional. Pada metode ini, guru akan menceritakan atau menyampaikan materi secara lisan. Dalam metode ini, siswa cenderung pasif karena hanya mendengarkan penjelasan guru.

Metode Tanya Jawab

Dari metode ceramah, para guru dan siswa biasanya akan mengadakan sesi tanya jawab di akhir pemaparan. Bisa saja guru yang memberikan pertanyaan, atau para siswa, jika ada yang masih belum dikuasai. 

Metode Diskusi

man wearing white and black plaid button-up sports shirt pointing the silver MacBook

Pada metode ini, para siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota yang sesuai. Setelah itu, guru dapat memberikan suatu topik terkait materi dan para siswa akan berdiskusi di dalam kelompoknya tersebut. Para siswa harus mampu memecahkan atau menemukan solusi dari suatu masalah yang diberikan.

Metode Resitasi

woman writing on notebook

Pada metode ini, para siswa harus bisa membuat sebuah rangkuman dari materi yang sudah disampaikan sebelumnya, atau bisa juga merangkum dari isi buku yang ada.

Metode Demonstrasi

Metode ini cocok untuk diterapkan pada murid dengan metode belajar kinestetik. Guru akan memberikan contoh pengaplikasian suatu materi melalui contoh secara langsung. Misalnya saja kegiatan laboratorium, prakik, olahraga, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Metode belajar menurut teori VARK

Metode Eksperimen

person holding orange and white toothbrush

Metode mengajar ini mirip dengan metode demonstrasi, di mana siswa diajarkan untuk mendapatkan kesimpulan dari suatu permasalahan. Melalui eksperimen yang dilakukan, siswa akan melakukan serangkain proses ilmiah dan uji coba sampai mendapatkan sebuah hasil atau kesimpulan yang dianalisis bersama. 

Metode Karya Wisata

people walking on gray concrete road during daytime

Metode karya wisata atau field trip biasanya menjadi metode mengajar yang paling disukai siswa karena mereka bisa belajar sekaligus berkunjung ke suatu tempat untuk melakukan pengamatan secara langsung. Tidak perlu pergi jauh dari sekolah, Bapak dan Ibu Guru bisa mengajak siswa berkeliling daerah sekolah contohnya untuk mempelajari makhluk hidup atau lingkungan.


Dari ketujuh metode ini, guru dapat berkreasi sesuai dengan materi yang diajarkan. Hal ini dapat membuat siswa tidak bosan dengan cara mengajar para guru. Dengan begitu, diharapkan para siswa dapat dengan mudah memahami materi yang sedang diajar.

Nah, itu dia informasi mengenai 7 metode mengajar yang efektif dan bisa diterapkan saat mengajar. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Cara Memilih Metode Mengajar yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published.