Cara Memilih Metode Mengajar yang Efektif

Cara Memilih Metode Mengajar yang Efektif

Dalam memberi pelajaran kepada para murid, tentunya sebagai guru tidak bisa asal atau sembarangan dalam mengajar. Dikutip dari AkuPintar, kegiatan mengajar merupakan cara yang digunakan Guru untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran yang telah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Maka dari itu, memilih metode mengajar yang efektif perlu diperhatikan.

Tipe-tipe belajar

Sebelum mengetahui metode dalam mengajar yang efektif, para guru perlu tahu bahwa bagi para siswa, ada empat karakteristik atau cara belajar. Singkatnya, para siswa ini dapat dengan mudah mengerti materi pelajaran berdasarkan metode yang paling sesuai dengan dirinya.

Keempat metode tersebut biasa disingkat dengan VARK, yaitu metode visual (penglihatan), auditory (percakapan/pendengaran), read/writing (dengan menulis), dan kinesthetic (aplikasi secara langsung).

Dengan memahami ini, para guru bisa menyesuaikan metode yang cocok bagi tiap murid.

Cara Memilih Metode Mengajar yang Efektif

Jika sudah mengetahui karakteristik atau cara belajar para murid, guru pun dapat menyesuaikan metode mengajar mereka. Tidak hanya dipengaruhi oleh hal tersebut, para guru juga harus menyesuaikan dengan kondisi kelas atau sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana sekolah, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menentukan metode mengajar di kelas:

  1. Menyesuaikan metode dengan tujuan pembelajaran.
  2. Melihat materi pembelajaran yang akan disampaikan.
  3. Memilih metode berdasarkan kemampuan guru.
  4. Memperhatikan kondisi siswa.
  5. Menyesuaikan sumber dan fasilitas pembelajaran yang tersedia.
  6. Melihat kondisi sekolah, kelas, atau tempat belajar.
  7. Ketersediaan waktu dengan metode yang dipilih.

Nah, itu dia informasi mengenai cara memilih metode mengajar yang efektif. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Cara Sukses Jadi Tutor Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.