Hal Yang Perlu Kamu Tahu Jika Ingin Menjadi Tutor

Hal Yang Perlu Kamu Tahu Jika Ingin Menjadi Tutor

man in blue dress shirt standing beside woman in pink and white stripe dress shirt

Bagi seorang siswa atau mahasiswa, pengalaman kerja sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana sistem kerja profesional yang sesuai bidangnya. Dalam hal menjadi seorang guru, menjadi tutor bisa menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan mengajar.

Untuk menjadi seorang tutor, tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi, asalkan kamu mengerti materi yang akan diajarkan. Pada dasarnya, tutor pun berbeda dengan profesi guru. Selain itu, menjadi seorang tutor juga bisa dijadikan pemasukan tambahan bagi kamu yang masih bersekolah.

Jika kamu ingin menjadi seorang tutor, simak panduan lengkap tentang hal-hal yang perlu diketahui sebelum menjadi seorang tutor, dirangkum dari rencanamu.id.

Pengertian

woman in black sleeveless top

Tutor adalah seseorang yang memberikan instruksi dan pengajaran kepada murid di luar sekolah (les atau kursus), tentang subjek akademik tertentu. Tutor mengajar murid secara individual maupun dalam kelompok kecil. 

Tujuan tutor adalah mendampingi murid mempelajari ulang subjek pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah, agar murid lebih menguasai subjek tersebut, dan membuat murid proaktif terhadap pelajarannya.

Kamu bisa saja masih berstatus sebagai pelajar SMA atau mahasiswa saat menjadi tutor, asalkan kamu bisa menguasai materi yang akan kamu bawakan kepada muridmu. Biasanya, seorang tutor bisa menghasilkan hingga Rp2 juta setiap bulannya, bergantung pada jumlah murid dan pelajaran yang bisa kamu ajarkan.

Tugas

woman in purple hijab sitting beside woman in brown dress

Tugas-tugas tutor tidak hanya sebatas pada mengajar materi saja, melainkan beberapa hal di bawah ini:

  • Memberikan masukan akademik kepada murid dengan cara yang positif, untuk mendorong, memotivasi, dan membangun kepercayaan diri si murid 
  • Mengajarkan murid keterampilan belajar, keterampilan mencatat, dan strategi ujian
  • Mengulas materi pelajaran sekolah bersama murid dengan cara mendiskusikan teks, mencari solusi dari soal-soal, serta mengulas worksheet dan tugas sekolah lainnya
  • Memberikan instruksi kepada muridnya, secara individu maupun dalam kelompok kecil, demi meningkatkan prestasi akademik dan keterampilannya, serta membantu murid mempersiapkan diri ujian akademik atau ujian ketrampilan
  • Menilai/mengevaluasi perkembangan murid dari waktu ke waktu

Baca juga: Tipe Saat Mengajar Online Agar Diperhatikan!

Pengetahuan wajib

Disamping memahami materi, pengetahuan-pengetahuan berikut ini perlu dipahami agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.

  • Layanan Pelanggan dan Personal – Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.
  • Pendidikan dan Pelatihan – Pengetahuan tentang prinsip dan metode dalam mendesain kurikulum, pelatihan, pengajaran, dan instruksi untuk individu dan kelompok, serta pengukuran efek pelatihan.
  • Pemahaman Lisan – Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan
  • Ekspresi Lisan – Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan
  • Kejelasan Berbicara – Kemampuan untuk berbicara dengan jelas sehingga orang lain dapat mengerti apa yang dibicarakan
  • Pemahaman Pembicaraan – Kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami pembicaraan orang lain.
  • Pemahaman Tertulis – Kemampuan untuk membaca dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui tulisan

Nah, itu dia informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin menjadi seorang tutor. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Cara Sukses Mengajar Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.