Dampak Sekolah Online Bagi Kesehatan Mental Anak

Dampak Sekolah Online Bagi Kesehatan Mental Anak

Dampak Kesehatan Mental Anak

Sekolah daring atau online sudah hampir dilakukan selama 2 tahun. Meskipun pemerintah sudah menganjurkan untuk melakukan sekolah tatap muka, porsi sekolah online tetap lebih besar dibandingkan sekolah offline. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental anak.

Sekolah online menyebabkan anak-anak harus menghabiskan waktu-waktu yang berharga ini terpisah dari keluarga, teman, sekolah, dan kesempatan bermain. Padahal, waktu-waktu pertumbuhan dan masa-masa saat sekolah ini penting bagi masa kanak-kanak.

Kesehatan Mental Anak Selama Pandemi, Data dari UNICEF

Tips menjaga kesehatan mental anak bagi orang tua

Data terkini dari UNICEF menunjukkan bahwa setidaknya 1 dari 7 anak mengalami dampak langsung karantina di seluruh dunia. Sementara 1,6 miliar anak terdampak oleh terhentinya proses belajar mengajar.

Anak-anak merasa bahwa sekolah online tidak efektif karena banyaknya gangguan saat melaksanakan sekolah daring. Maka dari itu, peran orang tua sangat penting dalam menciptakan lingkungan rumah yang sesuai agar anak bisa melakukan sekolah secara efektif.

Pandemi memaksa seluruh masyarakat untuk beradaptasi, termasuk anak-anak. Perubahan yang terlalu cepat dan mendadak ini akhirnya dapat menyerang mental anak. Akibatnya, anak bisa menjadi stres saat belajar dan tidak fokus. Hal ini dapat membuat anak menjadi malas belajar.

 

Dampak Kesehatan Mental Anak

Gangguan kesehatan mental begitu beragam bentuknya dan dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Beberapa gangguan kesehatan mental yang sering terjadi adalah ADHD, gangguan perilaku, kecemasan, depresi, hingga sindrom Tourette.

Bagi anak-anak, tanda-tanda gangguan ini dapat ditandai dengan berubahnya sikap anak menjadi lebih sensitif, sering marah dan sedih, hilangnya nafsu makan, menjadi malas, dan sebagainya.

Sebagai orang tua, Anda perlu peka dan terus memperhatikan anak Anda jika memang mereka sudah mulai menunjukkan gejala. Jika kesehatan mental mereka sudah mulai terganggu akibat pandemi, ada baiknya Anda segera bicarakan kepada mereka dan berkonsultasi kepada ahlinya agar tidak berkepanjangan.

Tips Bagi Orang Tua

Bagi orang tua, menghadapi pandemi pastinya sudah sangat sulit. Masalah pekerjaan, rumah tangga, dan masalah sekolah anak serasa tak ada hentinya. Sebagai orang tua, Anda pun harus beradaptasi dengan cepat agar anak-anak Anda tidak hilang arah.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk selalu menjaga kesehatan mental diri sendiri maupun anak Anda. Tips utama dalam menghadapi masa-masa sekolah online selama pandemi ini adalah dengan selalu menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, perbanyak waktu untuk berbincang bersama keluarga agar tahu apa saja masalah yang dihadapi sang anak. Hal ini bisa membuat Anda dan keluarga mengerti satu sama lain, anak Anda merasa diperhatikan, dan kesehatan mental mereka terjaga.

 

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai dampak sekolah online selama pandemi terhadap kesehatan mental anak. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.
Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Motivasi Anak Hadapi Ujian Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published.