Tips Mengajar Agar Terhindar Stres

Tips Mengajar Agar Terhindar Stres

Menjadi guru yang mengajari puluhan siswa dalam satu hari bisa saja menjadi hal yang membosankan dan membuat stres. Di luar mengajar, guru dan tutor perlu menyusun silabus pembelajaran, memberi latihan, membuat soal ulangan, dan memberikan nilai. Tidak hanya itu saja, ada kalanya guru perlu menjadi wali kelas dan memperhatikan sikap, nilai, dan perilaku para siswanya.

Apalagi di saat sekolah online seperti ini, adanya perubahan sistem menjadi online malah membuat banyak orang kewalahan dan tidak fokus dalam proses belajar.

Banyaknya pekerjaan tersebut tentu saja tidak mudah. Maka dari itu, berikut tips mengajar tanpa stres yang bisa dilakukan oleh tutor dan guru.

Tips mengajar online agar terhindar dari stress

woman in black long sleeve shirt covering her face with her hands

  1. Di awal pembelajaran, guru harus mengadakan observasi kepada siswa dan lingkungannya. Bagaimana tingkat kesiapan siswa dan orang tua dalam pembelajaran daring ini. Apakah ada kendala dalam alat komunikasinya, sinyal bahkan internet yang dimiliki oleh siswa.
    Begitu juga dukungan dari orang tua sendiri. Karena pembelajaran daring ini, dibutuhkan kolaborasi antara siswa, orang tua dan guru. Orang tua juga harus mengetahui jadwal pembelajaran anaknya untuk memantau agar selalu ikut pembelajaran.
  2. Setelah mengadakan observasi awal, guru memetakan siswa mana yang bisa menggunakan pembelajaran daring dan mana yang tidak. Siswa yang tidak bisa ikut pembelajaran daring bisa menggunakan modul atau lembar kerja yang sudah disiapkan oleh guru. Sedangkan untuk pembelajaran daring, guru harus membuat pembelajaran yang menyenangkan dengan membuat model pembelajaran terbaru yang tidak membuat siswa cepat bosan.
    Misal dengan interaksi tanya jawab tentang keadaan di sekitar lingkungannya dan kemudian dikaitkan dengan materi yang dipelajari, bahkan guru bisa memberikan Ice breaking disela2 pembelajaran agar pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan.
  3. Agar tidak bingung dengan jadwal yang serba online, maka guru harus sudah siap membuat ringkasan materi, modul dan presentasi minimal untuk 1 bulan. Sehingga guru konsen dengan kelas dan materi pun jelas di tangkap oleh siswa. Begitu juga lembar observasi siswa juga harus disiapkan, agar guru lebih memahami kondisi siswanya.
  4. Tetap jaga kesehatan dan imunitas dengan olahraga teratur agar badan dan pikiran tetap fit dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.
  5. Beradaptasi dengan kebiasaan baru.
  6. Perbanyak interaksi dengan siswa.

Nah, itu dia informasi mengenai tips saat mengajar online agar terhindar dari stres Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Baca juga: Cara Sukses Jadi Tutor Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.