5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Sukses UTBK

UTBK sebentar lagi nih! Bagi pelajar tingkat akhir SMA, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SNMPTN, SBMPTN, UTBK, dan lainnya. Sudah sampai mana nih, persiapan UTBK kamu? Yuk, cari tahu tips tentang hal-hal yang harus kamu lakukan agar sukses menjalani UTBK disini!

Siapkan Diri Sedini Mungkin

Nah, sebelum kamu menyiapkan hal lainnya, ada baiknya kamu mempersiapkan dirimu sebaik mungkin dalam mengikuti serangkaian tahapan UTBK. Kamu harus memiliki mindset yang tepat untuk berjuang di seleksi UTBK. Jika kamu ingin sukses dan lolos seleksi UTBK, maka kamu harus persiapkan diri dari jauh hari agar kamu bisa maksimal. Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil seperti ganti wallpaper di laptopmu atau suasana kamarmu dengan kata-kata semangat, dan sebagainya.

Perbanyak Informasi Mengenai UTBK

Pastinya kamu harus mulai kepoin tentang UTBK dari syarat-syarat dan alur penerimaan UTBK. Mungkin saja ada hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jadi kamu harus tetap up-to-date sama hal-hal yang berhubungan UTBK, ya! Kamu bisa mengikuti akun-akun di Instagram yang membahas tentang tips-tips UTBK, kehidupan kampus, dan sebagainya.

Miliki Tujuan yang Jelas

Ini yang paling penting! Tujuan kamu mengikuti UTBK adalah untuk lolos dan masuk ke kampus serta jurusan impianmu. Tanpa tujuan yang jelas, pastinya kamu tidak akan semangat dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK. Cari tahu lebih banyak tentang jurusan yang ingin kamu masuki, seperti apa prospek kerja kedepannya, apa saja yang akan dipelajari di jurusan tersebut, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu perbedaan dari kampus yang satu dengan lainnya agar kamu semakin yakin dengan tujuanmu.

Latihan dan Belajar

proses belajar UTBK

Perjuangan UTBK kamu akan sia-sia kalau kamu tidak memiliki nilai yang sesuai dengan passing grade. Maka dari itu, kamu harus rajin mengikuti latihan dan belajar mengenai materi UTBK. Kamu bisa mengikuti try out yang ada di beberapa tempat dan terus mengevaluasi diri dari hasil yang kamu peroleh. Kalau hasilnya belum sesuai dengan passing grade, kamu bisa terus belajar agar semakin mudah memahami materi tersebut. Kamu juga bisa mencari tahu tentang soal-soal UTBK tahun sebelumnya agar kamu mendapat gambaran tentang jenis soalnya. Belajar bareng dengan teman juga bisa menjadi cara kamu belajar agar semakin semangat.

Dalam mengerjakan latihan soal, ada baiknya kamu mengerjakan dengan waktu try out yang sesungguhnya untuk mengukur kemampuanmu. Perkuat konsep dasar tentang pelajaran-pelajaran agar semakin mudah untuk memahami soal-soal yang sulit.

Buat Jadwal Belajar

Penting banget buat jadwal belajar agar kamu bisa disiplin waktu. Luangkan beberapa jam dalam sehari untuk belajar dan latihan soal UTBK agar kamu semakin mudah memahami materi yang akan keluar. Setelah kamu belajar, jangan lupa untuk meluangkan waktu istirahat karena pikiranmu juga perlu berisitirahat. Seimbangkan waktu belajar, main, dan istirahat agar kamu bisa terus menikmati perjalanan dan perjuanganmu mengikuti UTBK.


Nah, itu dia beberapa tips agar bisa sukses dan lulus saat mengerjakan UTBK. Agar proses pembelajaran semakin efektif, mari belajar bersama Latis Education. Disini, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan guru les dan tutor privat yang mengasyikan, metode pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang dikemas dengan seru. Cari tahu lebih lengkap mengenai Latis Education disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *