5 Langkah Menjadi Orang Tua Yang Baik Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak

5 Langkah Menjadi Orang Tua Yang Baik Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak

Langkah Menjadi Orang Tua dalam menjaga kesehatan mental anak

Menjaga kesehatan mental sangat penting, bukan hanya bagi orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Data dari UNICEF mengatakan 1 dari 7 anak terdampak kesehatan mental selama pandemi. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui langkah-langkah menjadi orang tua yang baik dalam menjaga kesehatan mental anak.

Beberapa faktor yang menyebabkan kesehatan mental anak terganggu selama masa pandemi adalah karena mereka tidak bisa beradaptasi dengan perubahan selama pandemi dengan baik. Hal ini wajar, karena pandemi menuntut seluruh masyarakat untuk mengubah gaya hidupnya. Bagi anak-anak, perubahan sekolah menjadi online dan tidak bisa bertemu dengan teman-temannya bisa mengakibatkan mereka stress.

Sebagai orang tua, ada baiknya Anda terus menjaga kesehatan mental anak Anda. Anak-anak juga rentan terkena gangguan mental, tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara mengungkapkannya. Maka dari itu, jika Anda merasa ada perubahan sikap pada anak, ada baiknya untuk bertanya, berdiskusi dan berkonsultasi agar mereka tetap sehat.

Langkah Menjaga Kesehatan Mental Anak

Berikut 7 langkah menjadi orang tua yang baik dalam menjaga kesehatan mental anak Anda:

1. Miliki Empati

Tips menjaga kesehatan mental anak bagi orang tua

Sebagai orang tua, Anda pasti tidak ingin anak Anda sakit, baik itu sakit fisik atau sakit mental. Memiliki empati sebagai orang tua berarti Anda bisa mengerti apa yang anak Anda rasakan.

Sebagai orang tua, Anda bisa menempatkan diri pada posisi anak. Ini melibatkan mencoba memahami apa yang anak alami, dan mengakuinya. Coba tanyakan apa yang mereka rasakan. Dengan ini, anak akan merasa dimengerti oleh lingkungannya.

 

2. Terbuka Untuk Berbagi Pengalaman

Mendukung Kesehatan Mental Anak

Hal ini berhubungan dengan keterbukaan. Jika anak Anda bertanya tentang apa yang ingin ia ketahui, sebaiknya Anda bercerita dengan detail. Berbagi pengalaman bisa membuat anak Anda belajar dari pengalaman Anda dan tahu apa yang harus ia lakukan jika memiliki situasi yang sama.

 

3. Mengajarkan Untuk Bertanggungjawab

Peran orang tua dalam prsoses belajar anak

Setiap orang pastinya memiliki kesalahan, tidak terkecuali Anda dan anak Anda. Jika ada hal yang tidak benar, ajarkan anak untuk meminta maaf dan bertanggungjawab atas hal tersebut.

Hal ini dapat menciptakan persepsi bahwa melakukan kesalahan adalah hal wajar dan bisa sangat berdampak pada kesehatan mental anak.

 

4. Ajarkan Anak Untuk Kelola Emosi

girl covering her face with both hands

Mengelola emosi sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Mengelola emosi dapat berhubungan dengan kemampuan anak Anda dalam bersosialisasi.

 

5. Selalu menjaga kesehatan

Kesehatan fisik, mental, dan emosional perlu dijaga dengan baik pula. Jika salah satu hal ini terganggu, maka ada risiko untuk yang lainnya terganggu pula. Maka, menjaga kesehatan mental bisa dimulai dengan menjaga pola hidup Anda.

 

 

 


Nah, itu dia beberapa informasi mengenai langkah menjadi orang tua yang baik dalam menjaga kesehatan mental anak. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 087781609961 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Tutor Indonesia melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.